Berzakat ke An’amta

Zakat:

Siapakah Muzakkiy yang wajib zakat?

Bukan si kaya & amat kaya, cukup terkena nishab & haul.

Kemanakah Muzakkiy dapat menyedekahkan Zakat?

Melihat dari banyaknya Lazis dengan model dan tipe penyalurannya, muzakkiy dapat menunaikan Zakat di beberapa tempat penyaluran Zakat sekaligus atau di satu tempat penyaluran zakat. Zakat yang harus ditunaikan tersebut, muzakkiy dapat menyerahkan kepada Lazis sebagian dan sebagiannya lagi langsung kepada masyarakat di sekitar tempat tinggal/domisili/kerabat.

Lazis An’amta menerima akad zakat sebagai berikut:

  • Khusus Sebagian: Apabila muzakkiy memberikan sebagian zakatnya (karena telah/akan menyedekahkan sebagian yang lain), dan sepakat dengan Lazis An’amta secara khusus untuk prioritas Fi sabili Illah dalam melakukan transformasi sosial. (kode 77)
  • Umum : apabila muzakkiy memberikan keseluruhan Zakat, Lazis An’amta akan menyalurkannya secara umum untuk semua Asnaf yang ada: Fakir, Miskin, Amil, Muallaf, Gharimin, Riqab, Fisabilillah dan Ibnu Sabil. (kode 88)

Infaq – Shodaqoh.

Infaq tidak ditentukan jumlahnya (Q.S Ali-Imran:134;Ath-Thalaq:7) dan tidak pula ditentukan secara khusus sasaran pendayagunaannya (Q.S Al-Baqarah:215). Infak sangat luas sasarannya untuk semua kepentingan pembangunan umat. Infaq shodaqoh lebih fleksibel dalam penerapannya. Tidak ada batasan maksimal dan minimal dalam mengeluarkan infaq shodaqoh.  Bahkan QS Al Baqarah: 219 menyerukan: ”…Mereka bertanya tentang harta yang diinfaqkan, katakanlah, ’APA YANG LEBIH ( dari) KEPERLUANMU’…”.

Lazis An’amta sekedar mngingatkan kembali Qs Al Baqorah: 261 untuk menafkahkan harta di jalan Alloh (fi sabili Illah) dengan memperbanyak infaq shodaqoh (kode 99).

Ilmu yang bermanfaat adalah amalan jariyah, mendukung pengembangan ilmu berarti juga berandil dalam amal jariyah. Selama ilmu tersebut memberikan manfaat maka selama itu pahala diganjarkan juga.

Tahun 2009 bertepatan dengan 1430H adalah awal optimalisasi Lazis An’amta. Target satu tahun ini lazis sedang melakukan perluasan penerimaan ZIS yang akan dilaksanakan penyalurannya pada Tahun 2010/1431H sekaligus membentuk struktur definitif.

Setiap penerimaan ZIS akan kami beritahukan kembali kepada Muzakki sebagai konfirmasi bahwa ZIS telah diterima oleh Lazis An’amta. Laporan secara keseluruhan akan disampaikan melalui milis atau via surat pada alamat sesuai permintaan dan/atau melalui perwakilan angkatan yang menerima ZIS secara langsung.

Apabila melakukan transfer dalam menunaikan ZIS kami mohon menggunakan kode untuk lebih mempermudah penelusuran kami dalam pembukuan di bank, sbb:

Kode

Kode untuk transfer ke rekening Lazis An’amta (Bank BNI Syariah Yogyakarta no rek. 0107848213 a.n. Lazis An’amta):

Untuk transfer dengan akad Zakat Khusus Sebagian (kode 77):

2(dua) digit terakhir harap ditambah dengan 77

Misal: transfer Rp, 500.000,- menjadi Rp. 500.077,-

Untuk transfer dengan akad Zakat Umum (kode 88):

2(dua) digit terakhir harap ditambah dengan 88

Misal: transfer Rp, 500.000,- menjadi Rp. 500.088,-

Untuk transfer dengan akad Infaq Shodaqoh (kode 99):

2(dua) digit terakhir harap ditambah dengan 99

Misal: transfer Rp, 500.000,- menjadi Rp. 500.099,-

Kontak Lazis An’amta

kembali ke An’amta

Do’a untuk para muzaki:

“Ya Allah, kucurkanlah pahala kepada mereka atas apa yang telah mereka berikan dan jadikan buat mereka suci dan mensucikan serta berkahi mereka dan harta yang telah mereka zakati.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: